Jurnal Penjasorkes Kelas 6 KD 6.3

Materi Pembelajaran Penjasorkes SD
Kelas 6


Standar Kompetensi (SK)
6.  Mempraktikkan berbagai -gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar (KD)
6.3  Mempraktikkan pengembangan koordinasi beberapa nomor teknik dasar atletik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai sportivitas, percaya diri dan kejujuran**)
Selamat Pagi Sahabat Nusantara yang budiman, kali ini saya berbagi pengalaman mengajar tentang Standar Kompetensi 6 (Enam) dan Kompetensi Dasar 6.3. Pada pertemuan kali ini saya akan bermain dan berolahraga atletik dengan materi lari estafet. Sudah tentu sahabat banyak permainan da tehnik mengajar. Mungkin ini bisa dijadikan salah satu literasi untuk sahabt-sahabat semuanya.
Okey langsung saja, seperti biasa sebelum pembelajaran dimulai pasti tentunya dimulai dengan membariskan siswa dulu, kemudian presensi, berdoa, anak-anak dan jangan lupa selalu cek kebersihan kuku anak-anak.
Nah setelah selesai semua baru kita memberikan sedikit pengetahuan ruang lingkup materi yang akan di ajarkan dan dilanjutkan dengan pemasanan So Pasti supaya otot siap untuk beri gerakan-gerakan yang spektakuler...he5... Pemanasan kali ini saya akan menggunakan permainan bola tangan dengan 4 penjuru yang akan di bagi dengan 4 kelompok dan dilempar tangkap bergantian. Ini dimaksudkan untuk melatih kerjasama tim dalam memberikan dan menerima sesuatu yang akan berguna pada pembelajaran inti nantinya. Gambarnya dapat di lihat sebagai berikut: he5...















Bila pemanasan di atas sudah dirasakan cukup, siswa di kumpulkan dalam bentuk lingkaran. Sambil istirahat kemudian di berikan pengarahan terhadap tehnik memegang tongkat, memberikan dan menerima tongkat. Apabila anak-anak dirasakan sudah merasakan cukup memahami dan kondisi anak siap untuk di ajak praktek mari kita ke tahap selanjutnya.
Anak-anak di bagi dalam dua kelompok putra dan putri di beri latihan membawa tongkat, memberi dan menerima tongkat bergantian.

Nah,,,apabila sudah oke semua, mari kita ke sesion selanjutnya, dimana anak kemudian di bagi dalam empat kelompok untuk mempraktekkan lari estafet tersebut. Dikala mempraktekkan lari estafet tersebut, Bapak/Ibu sudah pastinya memegang buku penilaian..nah disini kita akan menilai anak-anak terhadap materi yang telah kita ajarkan tadi. Sejauh mana anak-anak tadi menangkap secara teori dan pengaplikasian dalam prakteknya.




Okey juragan, ini mungkin hanya sedikit teknik mengajar yang dimana masih banyak kekurangan dari beberapa sisi. Alangkah baiknya Bapak/Ibu pengajar bisa memberikan komentar untuk masukan dalam pengajaran selanjutnya...

Matur Tenkyu....

Oh ya,,,jangan lupa pada akhir pembelajaran ditutup dengan evaluasi pembelajaran dan berdoa, dan satu lagi perlu di ingatkan anak-anak untuk selalu membawa air mineral pada hari ada jam Olahraga atau setiap hari juga bagus and kebersihan kuku.

Video dapat dilihat di bawah ini. mohon maaf videonya masihg kurang sempurna.




Semoga bermanfaat.