Jurnal Pembelajaran Penjaskes Kelas 5 KD 6.3

Materi Pembelajaran Penjasorkes SD
Kelas 5

Standar Kompetensi (SK)
6.  Mempraktikkan berbagai variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi, dan nilai-nilai yang terkandung  di dalamnya.

Kompetensi Dasar (KD)
6.3  Mempraktikkan gerak dasar atletik sederhana, serta nilai semangat, percaya diri dan disiplin **)

Selamat Pagi Sahabat Nusantara yang budiman, hari ini jadwal mengajar kelas 5 dengan Kompetensi Dasar 6.3. Pada pertemuan kali ini saya akan bermain dan berolahraga atletik dengan materi lompat katak. Sudah tentu sahabat banyak permainan da tehnik mengajar. Mungkin ini bisa dijadikan salah satu literasi untuk sahabt-sahabat semuanya.
Langsung saja para sahabat, seperti biasa sebelum pembelajaran dimulai pasti tentunya dimulai dengan membariskan siswa dulu, kemudian presensi, berdoa, anak-anak dan jangan lupa selalu cek kebersihan kuku anak-anak.



Nah setelah selesai semua baru kita memberikan sedikit pengetahuan ruang lingkup materi yang akan di ajarkan dan dilanjutkan dengan pemasanan So Pasti supaya otot siap untuk beri gerakan-gerakan yang spektakuler...he5...
Pemanasan kali ini saya akan menggunakan permainan Merah putih dan ekor kera.
1.      Permainan merah putih
Anak-anak membentuk lingkaran kemudian setiap masing-masing anak diberikan tanda merah dan putih. Di usahakan kondisi anak genap. Apabila masih ganjil Bapak/Ibu bisa ikut bermain di dalamnya, sehingga permainan lebih menyenangkan. Di karenakan anak-anak didik saya posisi ganjil saya ikut bermain di dalamnya sekalian memandu.
Setelah anak-anak sudah mendapatkan bagian dari kata Merah dan putih, selamutnya adalah menjelaskan permainan dan memulainya.
Apabila Bapak/Ibu guru menyebut kata merah maka bergerak sambil meloncat atau berpindah ke kanan di tempat siswa yang mendapatkan tanda merah tersebut.
Dan apabila Bapak/Ibu guru menyebuit kata Putih maka bergerak sambil meloncat atau berpindah ke kiri di tempat siswa yang mendapatkan tanda putih tersebut.

Apabila sudah jelas peraturan di atas, sudah saatnya kita memainkan permainan tersebut,..
Coba Sahabat Guru megucapkan Kata
Merah-Merah
Putih-Merah
Merah-Putih
Putih-Putih-Merah
Dan di kreasikan sendiri dengan kebutuhan Sahabat Guru sendiri....

Permainan ini akan mengajarkan konsentrasi pada anak, kecepatan, kelincahan sekaligus sebagai langkah awal untuk melatih gerakan melompat.

Melompat dengan mendengarkan aba-aba Merah atau putih atau gabungan

2.      Ekor kera
Permainan ini cukup sederhana saja..cuman saya kasih ekor kera karena nantinya akan membuat ekor sendiri..he5,,,,

Setelah anak2 memainkan permainan Merah-Putih tersebut, di suruh kumpul dan di istrirahatkan sambil memberikan penjelasan pada permainan ekor kera ini...he5...

Persiapan pertama adalah anak-anak di suruh mencari rumput yang agak panjang di sekitar, bisa juga sisa sedotan minuman, kalau pengen lebih baik Sahabat Guru bisa menyiapkan Tali Rafia sekitar 30 cm sejumlah siswa.

Nah, kalau sudah dapat semua,,,maka tali rafia/sedotan ataupun rumput bisa diberikan ke masing-masing anak dan di suruh masang di cepitan celana bagian belakang,,
Nah anak sudah mempunyai ekor sekarang.....he5...

Sekarang masuk pada penjelasan dan permainan sekarang..

Anak-anak di suruh buat lingkaran lagi dan dijelaskan bahwa apabila ada peluit panjang nanti anak-anak di suruh lari kemana aja dan berusaha untuk mengambil ekor teman-temannya.  Dan ekornya yang telah di ambil berarti anak tersebut sudah bisa berhenti berlari. Nanti akan di instruksikan siapa yang mendapatkan ekot yang terbanyak dia yang menjadi pemenang. Oh ya satu lagi sebelum di mulai anak-anak tersebut pas pada memuat lingkaran anak-anak di suruh balik  kanan dulu biar saling berhadapan ekor sama-ekor...he5..baru bisa d peluit  panjang,,,,Priiiiiiiiiiiiiiit....

Persiapan permainan anak membentuk lingkaran dan membelakangi temannya, sambil menunggu peluit dibunyikan. 
Setelah selesai berlari dan  atau bermain, akan ditemukan anak yang
 berhasi merebut ekor temannya dan keliahatan siapa yang dapat banyak atau yang tidak sama sekali. 
 Okey para Sahabat Guru,,,pemanasan sudah selesai, sambil istrirahat dijelaskan kandungan dan filosofi permainan tersebut. Dan mari kita menginjak pada materi inti..

Latihan 1
Pada latihan pertama ini saya menggunakan bentuk latihan segi tiga..






Ini anak-anak pada posisi segi tiga yang ke dua,
dengan posisi memberikan bola



Setelah menerima bola anak berlari
sambil membawa bola dan melompat












Latihan 2
Pada latihan ini saya langsung memberikan latihan Lompat katak.
Bapak/Ibu menjelasakan dan mempraktekan gerak dasarnya.
 Latihan 3
Pada latihan ini anak-anak di suruh mempraktekkan latihan lompat katak satu persatu secara bergantian sampai masing-masing anak melakukan 3 kali gerakan. oleh karena itu anak-anak bisa mersakan gerakan yang benar sesuai arahan Bapak/Ibu Guru. 




 Okey para Sahabat Guru Penjas, sudah saatnya melalukan penilaiaa pada pertemuan dan KD ini. Siswa melakukan gerakan satu persatu dan di amati serta dilakukan penilaian satu persatu.  

Cukup sekian pembelajaran saya, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Dan yang pastinya ini silahkan di modifikasi sesuai sarana dan prasarana yang ada. 

Video Pembelajaran bisa di lihat di bawah ini.


Semoga Bermanfaat. ..
Salam Olahraga...!