Pembelajaran Penjaskes Kelas 3 KD 6.3


Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas 3

Standar Kompetensi (SK)
6.  Mempraktikkan berbagai gerak dasar dalam permainan sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kompetensi Dasar (KD)
6.3  Mempraktikkan kombinasi gerak dasar memvoli, memantulkan, menendang, dan mengontrol bola dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai kerja sama, toleransi, tanggung jawab, menghargai lawan atau diri sendiri, dan bersedia berbagi tempat dan peralatan dalam bermain.

Indikator :                        
Kognitif
          Produk
1.      Menjelaskan gerakan melempar dan menangkap bola berpasangan
2.      Menjelaskan gerakan memantulkan bola ke tanah kemudian menangkap lagi
3.      Menjelaskan gerak menendang dan menahan bola berpasangan
          Proses
1.      Menyelidiki pegaruh permainan dengan bola terhadap denyut nadi
2.      Menyelidiki pengaruh jalan, lari  dan lompat terhadap kebugaran tubuh
 Psikomotor
1.      Melakukan gerakan memvoli bola secara berpasangan
2.      Melakukan gerakan memantulkan bola ke tanah sambil berjalan kemudian menangkap lagi
3.      Melakukan gerakan menendang dan menahan bola berpasangan

 Afektif
Perilaku berkarakter
1.      Kesungguhan  dalam berlatih
2.      Disiplin dalam setiap melakukan kegiatan pembelajaran
 Ketrampilan sosial
1.      Kerja sama dalam melakukan latihan.
2.      Menjadi pendengar/pengamat yang baik
3.      Berani bertanya dan berpendapat.
 Langkah-langkah Pembelajaran
Persiapan guru sebelum pembelajaran
1.      Menyiapkan perangkat pembelajaran (Silabus, RPP, Lembar Presensi dan Penilaiannya)
2.      Menyiapkan peralatan

Kegiatan awal Pembelajaran (pola P-A-L-T-P) (       menit)
a.       Membariskan siswa, absensi siswa, berdoa, dan presensi
b.      Apersepsi : memotivasi siswa agar semangat dalam mengikuti pelajaran.
c.       Menyampaikan ruang lingkup materi
1.      Gerakan melempar dan tangkap bola 
2.      Gerakan memantulkan bola ke tanah (drible)
3.      Gerakan menendang dan menahan bola
d.  Menyampaikan inti tujuan pembelajaran, khususnya psikomotor, afektif
a.    Melakukan pemanasan: melakukan permainan menjala ikan.

Kegiatan Inti Pembelajaran (Pola T-M-F-K) (       menit)
Tugas Gerak
b.      Pemberian tugas gerak

Guru menjelaskan dan mendemonstrasikan gerakan, siswa mengamati kemudian mempraktikkan sesuai dengan materi:
1. Siswa mendemonstrasikanmgerakan melempar dan menangkap bola
                           2. Siswa mendemonstrasikan gerakan memantulkan bola ke tanah dan ditangkap berpasangan

                           3.  Siswa mendemonstrasikan gerakan menendang dan menahan bola

                   c.       Memonitor dan Evaluasi tugas Gerak Siswa
Guru mengamati kesungguhan dan kelincahan gerak siswa, dengan menggunakan lembar Penilaian 2 (psikomotor) dan lembar penilaian 4 (perilaku berkarakter).
d.      Memberi feed back
Guru memberikan pemahaman kepada siswa tentang kebenaran teknik dari kegiatan yang dilakukan siswa, dan diberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau berpendapat.
e.       Konstruksi nilai-nilai Penjas Orkes
Guru memberikan pemahaman tentang pentingnya disiplin dan kerja sama.
-Guru menggunakan lembar penilaian 3 (terkait ketrampilan sosial)
-Guru menggunakan lembar penilaian 4 (terkait perilaku berkarakter)

Kegiatan akhir pembelajaran (Pola P-R-E-A-L) (        menit)
a.Pendinginan
-Guru memberikan gerak streeching atau penguluran yang berbetuk jalan-jalan dan bernyanyi.
b.Refleksi
Pengalaman belajar  siswa
c.Evaluasi umum
Evaluasi terhadap proses dan hasil belajar siswa meliputi sikap, pengetahuan, dan ketrampilan.
d.Apresiasi
Guru memberikan penghargaan atu hasil kerja siswa baik individu maupun kelompok
e.Tindak lanjut
Siswa diberi tugas untuk mengerjakan Lembar Kerja Siswa dan diskusi.
            Penilaian
1.Test Obyektifitas secara tertulis
     Ini dilakukan terkait dengan penilaian kognitif dan dapat dilakukan dengan menggunakan lembar penilaian 1.
2. Test unjuk kerja (psikomotor)
     Siswa mempraktikkan gerakan sesuai dengan materi, dengan menggunakan lembar penilaian 2 .
3. Pengamatan sikap(afektif)

Guru menilai aktivitas siswa terkait ketrampilan sosial, dengan menggunakan lembar penilaian 3 dan pengamatan perilaku berkarakter dengan menggunakan lembar penilaian 4.

*Gambar dan Video Pembelajaran dapat dilihat di bawah*
























Post a Comment for "Pembelajaran Penjaskes Kelas 3 KD 6.3"

Postingan Terbaru

info
>