Modifikasi Permainan Bola Besar dan Kecil [Crazy Ball ] Pendidikan Jasmani


PERMAINAN PENDIDIKAN JASMANI
MODIFIKASI PERMAINAN OLAHRAGA

Permainan  Crazy Ball

Permainan untuk mengasah ketrampilan anak dalam hal kecepatan, kelincahan dan keseimbangan. Dari nama permainannya sudah asyik apalagi dimainkan. Banyak jenis permainan Crazy Ball ini, dengan model dan modifikasi yang berbeda. Disini saya memberikan perbedaan pula.

Bermodalkan bola kecil atau bola besar kita, usahakan kekencangan bola sudah di set supaya kelau kena badan siswa tidak sakit. Kemudian bola tersebut dibungkus dengan jaring bola dan diberi tali agak panjang sebagai pegangan untuk memutar bola. Lebih lengkapnya kita simak bersama cara bermaian dan perlengkapan apa saja yang dibutuhkan.

Perlengkapan yang dibutuhkan

1.      Bola
2.      Bola kecil (sebagai umpan)
3.      Jaring Bola
4.      Tali
5.      Corong / cones (bisa diganti dengan garis lingkaran)
6.      Kursi

Cara Bermain

1.    Guru membagi kelompok setiap kelompok beranggotakan (4-6 siswa atau sesuai kebutuhan) disini karena siswanya sedikit saya bagi menjadi dua kelompok yaitu putra dan putri.
2.  Kemudian cones atau corong tersebut dibentuk membentuk lingkaran sebagai pembatas permainan. Ini bisa juga diganti dengan garis melingkar..ya..supaya tidak repot dengan banyak perlengkapan. Untuk jarak menyesuaikan kebutuhan dan kondisi yang ada.
3.      Bola kecil-kecil dimasukkan dalam lingkaran yang dibuat tadi.
4.   Siswa berada diluar gari lingkaran atau cones yang telah dipasang tersebut. Kemudian guru bersiap untuk membuat bola gila,,,tapi gurunya tidak boleh ikut crazy ya...he5,,(bercanda)
5.      Guru memutar bola tersebut dari mulai pelan, agak kencang dan kencang. Ketika sudah ada bunyi peluit maka siswa berusaha untuk mengambil bola di dalam lingkarang tersebut.
6.      Siswa yang terkena bola ketika mengambil bola kecil, maka dia anggap out dari permainan.
7.      Setelah bola kecil di ambil semua oleh siswa, selanjutnya adalah mengembalikan bola ke dalam lingkaran yang sudah dibuat tadi.

Permainan ini akan seru tatkala putaran bola semakin kencang terus menerus. Siswa akan berkonsentrasi dalam kelincahan dan keseimbangan badannya. Kecepatan dalam mengambil bola melatih anak untuk displin dan anak memantau putaran bola untuk menemukan peluang yang tepat dalam menentukan langkah berikutnya. Simak video berikut aplikasi dalam permaian Crazy ball di atas. 




"Permainan Crazy Ball" 


Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

Apabila artikel atau permainan ini bermanfaat buat rekan-rekan silahkan share kepada teman yang lain. 

Salam Pendidikan Indonesia
______________________________________________



ARTIKEL TERKAIT:

  1. PERMAINAN OLAHRAGA KREATIF 
  2. MODIFIKASI PERMAINAN PENDIDIKAN JASMANI 
  3. PERANGKAT PEMBELAJARAN AKTIVITAS PERMAINAN 

Postingan Terbaru

info
>