Permainan Olahraga Kreatif dan Edukatif

Model Modifikasi Permainan Olahraga 
Kreatif, Edukatif dan Menyenangkan

Pembelajaran penjas adalah pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa jenjang manapun. Dasar pembawaan ini sudah melekat pada siswa, nah...ketika anak sudah senang dengan olahraga..maka kita sebagai pemegang kendali tumbuh perkembangan gerak anak. Oleh karena itu Gerak dasar Lokomotor, non lokomotor serta manipulatif sejak dini bisa dipacu dan disesuaikan dengan pertumbuhan anak. 
Siswa akan merasa bosa ketika sejak SD, kemudian dilanjukan SMP dan SMA pembelajaran penjas monoton saja. saya merasakan betul ketika masih menjadi siswa. Padahal pembelajaran sudah di atur dalam KD serta indikator yang disesuaika dengan jumlah pertemuan dan pencapaian materi. Pemerintah juga sudah mengatur jenjang materi dari SD,SMP sampai SMA. semisal saja materi senam lantai, di kelas 5 sudah ada guling depan, jadi ketika siswa sudah menempuh SMP dan SMK materi guling depan sebagai review saja buka menjadi materi utama. 
Oleh sebab itu, Pendidikan jasmani seyogyanya berjenjang terus tidak hanya pada peraturannya namun dalam praktek di lapangannya. Oleh karena itu disini saya hadir mencoba memberika penyegaran dalam model pendidikan jasmani dengan bentuk permainan. Modifikasi ini bukan berarti tidak boleh dirubah namun semua boleh dimodifikasi dengan kemampuan sarana dan prasana yang ada di sekolah. 

1. Permainan Bola Kecil (Permainan Handball atau bola tangan)
Mungkin permainan ini sudah banyak megetahui atau bisa jadi sudah pernah melakukan namun beda namanya. Sedikit menelusur terkait permainan handball bahawa olahraga ini hampir sama dengan sepakbola dan bola basket. Permainan yang dimainkan secara beregu dimana setiap team atau regu berjumlah 7 orang (3 orang sebagai offens, 3 orang sebagai defends dan 1 orang sebagai penjaga gawang). 
Cara memainkan permainan ini cukup mudah seperti sepakbola yaitu memasukkan bola ke gawang, namun perbedaannya adalah ketika mau menyerang menggunakan tangan bukan kaki. Dan untuk mengoper bola ke teman, bola di driblle dan dipegang maksimal 3 langkah kayak permainan bola basket. 
Sebenarnya peraturan lebih mendalam silahkan gogling lagi,,he5,,
Disini saya mengajar anak SD menggunakan peraturab yang mudah dipahami bagi siswa dulu. 
Bisa mengumpang dengan baik, mendriblle baik dan memasukkan bola dengan kombinasi yang baik. 
Peraturan yang lain belum saya masukkan, nanti secara bertahap akan diberikan kepada anak. 

Nah Bapak/Ibu guru semua bisa menyimak atau menonton video permainan Bola tangan yang sempat saya dokumentasi pada saat pembelajaran. semoga bisa menjadi inspirasi. 



"Modifikasi Permainan Bola Tangan dalam Pembelajaran Penjas"

2. 





Postingan Terbaru

info
>