3 Model Macam Permainan Edukatif dalam aktivitas akuatik

3 Model Macam Permainan Edukatif dalam aktivitas akuatik

Model latihan untuk cepat berenang, adaptasi air  di kolam  dan pemanasan sebelum melakukan pembelajaran renang. Belajar berenang dibutuhkan kesabaran dan ketenangan, bukan sekedar masuk kolam terus berenang.  Sebagian besar pengalaman ketika anak-anak atau siswa melihat kolam renang, matanya sudah berbinar untuk segera masuk ke dalam kolam renang.
Pemanasan sangat penting untuk melakukan aktivitas olahraga apapun. Terutama dalam berenang membutuhkan pemanasan khusus yaitu pemanasan di darat dan pemanasan di air.  Disini saya akan mengupas tentang 3 model permainan pemanasan sebelum berenang.
Apa saja model latihan tersebut…? Mari kita simak ulasan permainan di bawah ini…!

1. Permainan  Mencari Harta Karun
Dilihat dari namanya sudah sangat menantang dan membuat penasaran. Bagaiamanakah cara bermainnya?

Perlengkapan atau Media yang digunakan
Uang Koin sebanyak yang anda punya (semakin banyak uang koinnya akan semakin seru dalam bermain)

Cara bermain Mencari Harta Karun
Pertama kita siapkan koin sebagai harta karunnya.
Kemudian Siswa membentuk sebuuah lingkaran secara acak dan mempunyai jarak satu sama lain.
Siswa di ajak untuk latihan mengambil nafas di dalam air.  Mengambil nafas lewat mulut dan di keluarkan lewat hidung.
Setelah semua persiapan sudah siap, maka guru menebarkan koin-koin tersebut secara tidak beraturan. Menunggu koinya sampai tenggelam dulu di dasar kolam.

Apabila semua koinnya dirasa sudah berada di dasar kolam semuanya, maka guru siap memberikan aba-aba GO…. (menandakan bahwa siswa siap berburu harta karun).

Untuk lebih jelasnya bisa simak video berikut!


Nilai Pendidikan Karakter dalam Permainan Mencari Harta Karun
Setiap permainan yang dimainkan diharapkan mempunyai nilai karakter pendidikan, sehingga dalam bermain siswa mempunyai nilai tambah dalam pembelajaran.
Nilai pendidikan karakter yang bisa didapat dalam permainan ini adalah sebagai berikut.

Jujur
Ini merupakan sifat yang harus dikembangan oleh siswa dalam Era Globalisasi ini. Siswa akan jujur untuk mencari harta karun sesuai dengan kemampuannya dan bukan mengambil harta karun yang sudah di ambil oleh temannya.
Disiplin
Ini merupakan sebuah perilaku yang patuh pasda peraturan permainan. Seperti tidak mengambil koin dulu sebelum koin itu jatuh di dasar kolam. Dan menyelesaikan pencarian harta karun sesuai waktu yang telah ditentukan.
Kerja Keras
Sebuah perilaku yang ditunjukkan dengan kemampuan tinggi. Anak berusaha dengan sekuat tenaga mengambil koin sambil menahan nafas di dasar kolam. Tidak hanya melatih kerja keras namun lebih ke kerja cerdas. Siswa yang berfikir tidak akan sekali menyelam hanya untuk mengambil satu koin saja. Melainkan mereka akan berkerja cerdas, bagaimana caranya sekali menyelam di dasar kolam sekaligus mengambil beberapa koin.
Mandiri
Nilai pendidikan yang sangat diharapkan untuk perkembangan life skill nya. Pada permainan ini siswa berusaha untuk mencari harta karun miliknya secara mandiri sesuai dengan kemampuan mereka.
Rasa ingin tahu
Sebuah nilai yang sedini mungkin bisa ditanamkan untuk peserta didik. Dengan rasa ingin tahu besar, maka akan tercipta suatu Maha Karya yang istimewa. Dengan permainan ini siswa berlatih rasa ingin tahu mereka. Seberapa kuat mereka bisa menyelam di dasar kolam, dengan mata terbuka dan mengambil harta karun yang tersembunyi. Ketika harta karun itu tidak ada pada tempat yang ia selami, maka mereka akan berusaha mencari harta karun di tempat lain.
Bertanggung jawab
Dengan permainan mencari harta karun sikap dan rasa tanggung jawab anak bisa dipupuk. Mereka akan menyelesaikan tugas yang diberikan selama waktu ditentukan. Siswa berusaha semaksimal mungkin bisa memenuhi target yang telah di buat. Dengan sistem perlombaan maka siswa akan lebih bersemangat dalam menyelesaikan tantangan ini.

Suatu permainan air yang mengasah kecepatan dan ketrampilan gerak anak di air. Suatu permainan yang simpel, murah dan mudah dilakukan oleh siapapun ketika bersenang senang di kolam renang. kalau pada olahraga sepakbola kita sering menamai permainan ini kucing-kucingan. Bola di umpan kesesam teman dengan membuat lingkaran. Dan ditengah ada yang merebutnya. Terinspirasi permainai tersebut, maka di kegiatan akuatik dimodifikasi dengan lebih indah. Ya..sebut saja permainan ini adalah BOLA IMPIAN. Karena semua orang pengen menyentuh dan memilikinya.  

Perlengkapan atau Media yang digunakan
Sarana yang prasana yang dibutuhkan juga cukup mudah didapatkan, yaitu.
BOLA platik dan pastinya adalah ada kolam renang

Cara bermain Bola Impian
-Permainan ini dimainkan dengan jumlah sekitar 10 anak. Kalau lebih bisa dibuatkan jadi 2 kelompok.
-Siswa membentuk lingkaran besar dengan jarak sekitar 1-2 meter per anak.
-Dan terdapat 1 anak berada di tengah-tengah lingkaran.
-Anak yang berada di tengah berusaha merebut bola yang telah di pegang oleh teman-teman yang mengelilinginya.
-Anak yang membentuk lingkaran mengumpan bola ke temanya. Syarat mengumpan tidak boleh teman yang didekatnya. Minimal teman yang berseling satu.
-Apabila teman yang ditengah berhasil mendapatkan bola, maka teman yang salah melempar bergantian berada di tengah lingkaran.Permainan ini bisa dimodifikasi dengan 2 orang di tengah biar lebih seru bermainnya.

Nilai Pendidikan Karakter yang di dapat
Permainan ini mengandung beberapa nilai pendidikan karakter yang dalam kesehariannya anak tidak sadar melakukannya. Dengan permainan ini diharapkan anak bisa menumbuhkembangkan nilai moral dalam kesehariannya.
Nilai pendidikan karakter yang bisa didapat dalam permainan ini adalah sebagai berikut.

Jujur
Kejujuran merupakan nilai yang patut terus dikembangkan pada permainain apapun. Karena kejujuran adalah ruh dari kehidupan Agama dan bersosial. Anak megumpan bola sesama teman dengan rasa kejujuran tinggi pada permainain. Semakin jujur anak bermain semakin seru pola permainannya.
Disiplin
Ini merupakan sebuah perilaku yang patuh pasda peraturan permainan. Seperti tidak mengambil koin dulu sebelum koin itu jatuh di dasar kolam. Dan menyelesaikan pencarian harta karun sesuai waktu yang telah ditentukan.
Kerja Keras
Sebuah perilaku yang ditunjukkan dengan kemampuan tinggi. Anak berusaha dengan sekuat tenaga mengambil Bola Impian sebagai hasil dari kerja kerasnya.
Bersahabat
Bermain secara berkelompok menumbuhkan rasa persahabatan yang erat. Bukan hanya sekedar bermain saja, melainkan di luar permainan ini mereka akan lebih dekat. Perlu diketahui bahwa persabatan sejak dini akan memupuk kesuksesan masa depan anak. Mereka mudah bergaul, tertawa lepas menghilangkan rasa stress sehingga otak terasa segar untuk belajar dan berjuang untuk masa depan.
Bertanggung jawab
Rasa disiplin dalam permainan peraturan permainan membuat anak merasa mempunyai rasa tanggung jawab tersendiri.

Untuk menambah keseruan dalam permainan ini bisa simak video berikut!



Dari namanya pasti yang terbayang adalah seorang nelayan yang berusaha menangkap ikan.
Yap..secara sekilas seperti itu.
Namun, permainan ini lebih seru dibandingkan menangkap menangkap ikan di laut atau di sungai. Cara Menjala Ikan di kolam renang adalah suatu permainan yang terinspirasi dari para nelayan melaut mencari ikan. Menjaring Ikan di kolam renang berbeda karena ikannya bukannlah ikan asli seperti yang anda bayangkan. Ikan disini adalah manusia yang berperan sebagai ikan. Bagaimana permainannya…?yuk simak ulasannya di bawah..!!

Perlengkapan atau Media yang digunakan
Pakaian berenang dan kolam renang.

Cara bermain Menjaring Ikan
Siswa di bagi menjadi kelompok (masing-masing kelompok berjumlah 10 orang atau sesuai kebutuhan)
-2 anak menjadi ikannya, sisanya menjadi jaring
-Bagi siswa yang menjadi jaring, saling bergandengan tangan satu sama lain.
-Jaring berjalan secara bergandengan menuju ikan yang sedang asyik bermain kesana kemari.
-Jaring berusaha menangkap ikan tersebut tanpa melepaskan pegangan tangan satu sama lain.
-Sedangkan ikan berusah lari untuk melarikan diri, supaya tidak tertangkap oleh jaring.
-Ikan yang sudah tertangkap jaring di amankan di tepi kolam dan jaring berlanjut menangkap ikan lainnya.
-Permainan ini akan lebih seru bila ada ikan sekitar 3-4 dan jaringnya berjumlah sekitar 10 orang pasti dibutuhkan kerja sama tim yang kompak untuk bisa menangkap ikan tersebut.
Silahkan permainan ini bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan sahabat.

Nilai Pendidikan Karakter yang di dapat
Dengan permainan menjaring ikan diharapkan anak bisa menumbuh kembangkan nilai moral dalam kesehariannya. Oleh karena ini nilai pendidikan karakter bisa didapat seperti:

Jujur
Siswa berlatih kejujuran melalui permainan menjaring ikan. Mereka menangkap ikan tanpa melepaskan jaring yang sudah dibuat. Secara alami pastinya mereka akan bertindak egois untuk mendapatkan ikan sendiri. Kejujuran bersama tim untuk selalu berpegangan kuat menjadi jaring ikan yang kuat.
Disiplin
Mematuhi peraturan permainan yang telah ditentukan.
Kerja Keras
Berkerja secara bersama kelompoknya untuk menangkap ikan secara bersama.
Bersahabat
Bermain secara berkelompok menumbuhkan rasa persahabatan yang erat. Bukan hanya sekedar bermain saja, melainkan di luar permainan ini mereka akan lebih dekat. Perlu diketahui bahwa persabatan sejak dini akan memupuk kesuksesan masa depan anak. Mereka mudah bergaul, tertawa lepas menghilangkan rasa stress sehingga otak terasa segar untuk belajar dan berjuang untuk masa depan.
Bertanggung jawab
Rasa disiplin dalam permainan peraturan permainan membuat anak merasa mempunyai rasa tanggung jawab tersendiri.
Kepemimpinan
Dengan permainan ini siswa belajar untuk menjadi pemimpin dan mau dipimpin. Untuk bisa menangkap ikan dibutuhkan komando arah jala dalam menangkap ikan. Ikan mana dulu yang harus di tangkap.

Untuk menambah keseruan dalam permainan ini bisa simak video berikut!


Cukup sekian dari saya semoga berguna dan bermanfaat bagi sobat semuanya. Silahkan di share kalau bermanfaat buat rekan lain yang membutuhkan.
"Salam Pendidikan Indonesia"

Ingin melihat video permainan yang lain silahkan kunjungi channel kami.
Di SINI..!!