Cara Meluncur dalam Gaya Renang



Mahir Gaya Renang 1
Meluncur dengan benar nan Indah

Berjumpa lagi dengan saya.
Kali ini saya akan berbagi tips, trik dan pengalaman mahir dalam belajar renang untuk pemula. Sebelum melakukan renang disarankan anda untuk melakukan pemanasan, pemanasan olahraga renang ada dua yaitu pemanasan di darat dan pemanasan di air.

Pemanasan di darat anda melatih melenturkan otot-otot yang berhubungan dalam berenang. Seperti melatih kekuatan otot kaki, melenturkan kaki dari pangkal paha sampai ujung kaki. Bisa dilakukan streching dan latihan jongkok berdiri selama 1-2 menit.  Memutar mutar lengan secukupnya dan menarik kedua lengan dengan pegangan tiang atau bersama teman.


Untuk pemanasan di air bisa dilakukan secara mandiri atau bersama kelompok. Secara mandiri dilakukan dengan cara:

1.  Latihan pernapasan di air seperti ambil napas dan tahan di dalam air secukupnya dan sekuatnya.
2.    Latihan pernapasan dengan pegangan dinding kolam naik dan turun
3.    Latihan napas dengan kaki jongkok ditekuk di dalam air
4.    Latihan pernapasan kaki seperti bersila di dalam air

Untuk pemanasan secara berkelompok bisa menggunakan bentuk pemanasan dengan model permainan. Seperti Mencari Koin, Mencari harta Karun, menjaringikan, bola impian, dan mengejar impian.

Model latihan pemanasan di air bisa melihat Model Pemanasan Akuatik. Di sana dikupas secara mendetail model, jenis dan bentuk permainannya disertai dengan video sebagai penjelasannya.



Meluncur
Cara Meluncur dalam gaya renang bisa dipelajari dengan model dan permainan seru. Tehnik dasar meluncur silahkan baca urutannya di bawah.

1.    Dengan melalui dinding (Kaki kanan ditekuk dan ditempelkan didinding kolam)
2.    Kemudian kedua tangan rapat  diluruskan ke depan
3.    Kepala diturunkan ke bawah, usahakan bisa masuk ke dalam air diantara kedua tangan.
4. Setelah siap dibarengi dengan kaki yang kiri menempel didinding dan kedua kaki mendorong dengan sekuat tenaga.
5.  Biarkan meluncur dengan sendirinya, badan tetap rileks, kaki dan tangan biarkan diam supaya badan bisa merasakan gerakan meluncur sekaligus mengambang.
6. Ulangi gerakan di atas secara berulang kali sampai gerakan meluncur baik dan sempurna.

Kesalahan sering terjadi dalam melakukan gerakan meluncur.
1.    Kaki terbuka ketika sudah meluncur dari dinding kolam
2.    Tangan tidak lurus ke depan
3.    Badan tidak rileks, sehingga menyebabkan meluncur dan langsung tenggelam.
(Badan harus streamline / sejajar dengan tubuh dari kaki sampai tangan).
4.    Kepala mendongak ke atas, mengakibatkan pada waktu meluncur kaki langsung turun.
5.    Kaki dan tangan bergerak gerak sendiri pada saat meluncur dari dinding.

Untuk memperjelas kesalahan dan memperbaiki kesalahannya bisa simak video berikut!

Artikel terkait:

Model Permainan Renang

Modifikasi Permainan Olaharaga

RPP Aktivitas Akuatik SD, SMP dan SMA


Post a Comment for "Cara Meluncur dalam Gaya Renang"