Jenis-jenis Latihan Kekuatan untuk Anak Melalui Permainan



Modifikasi Permainan MERAIH BINTANG
Sebagai Bentuk Latihan Kekuatan



Bentuk latihan untuk melatih kekuatan sebagai bentuk aktivitas kebugaran siswa. Dibentuk dengan model permainan yang dimodifikasi supaya tidak terasa jenuh dalam latihan atau pembelajaran.Dikemasnya model latihan latihan dengan permainan termodifikasi unsur latihan didapat, hasil latihan bisa optimal dan pastinya menyenangkan.
            Latihan kekuatan merupakan sebuah latihan untuk membentuk tubuh agar tetap bugar, dalam hal ini adalah untuk meningkatkan kekuatan fisik. Kekuatan tersebut yang terdapat dalam otot tubuh kita. Dengan adanya latihan kekuatan maka tubuh menjadi lebih bugar, sehat, bisa membakar lemak dan sebagai sarana sosial dengan orang lain.
            Pembahasan kali ini saya memberikan model permainan sederhana yang dimodifkasi untuk latihan kekuatan. Pada dasarnya latihan kekuatan mempunyai jangkauan luas, dengan kaitannya dari bentuk latihan olahraga yang ditekuninya. Semisal pemain sepakbola, mereka akan melatih kekuatan otot kaki yang diharapkan tendangan mereka bisa kuat dan terarah. Terlepas dari semua cabang olahraga yang akan dibahas, maka bentuk latihan ini bisa digunakan dengan modifikasi atau dikembangkan pada cabang olahraga yang digeluti.
            Modifikasi latihan ini saya sebut dengan nama MERAIH BINTANG. Kenapa demikian? Pada aktivitas pembelajaran anak suka dengan sebutan nama permainan dan ditambahi dengan alat yang ada dalam keseharian. Permainan ini saya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan sarung kemudian dikaitkan dan mereka saling tarik menarik. Sebenarnya akan baik dengan menggunakan alat yang lentur seperti BAN misalnya. Modifikasi latihan kekuatan ini saya bagi nenjadi 4 bagian yaitu:

1.    Meraih Bintang 1
Cara bermain:
Sekilas sudah saya jelaskan di atas bentuk dari permainan ini adalah tarik menarik badan lawan dengan menggunakan sarung. Meraih Bintang 1 ini, anak disuruh untuk mencari pasangan dengan postur tubuh yang hampir sama.

Kedua sarung dkaitkan kemudian kedua anak masuk ke dalam sarung. Kedua anak saling menarik satu sama lain yang di depan anak tersebut sudah terdapat corong yang menjulang tinggi. Anak yang duluan meraih bintang (corong yang tinggi) maka dia dianggap sebagai pemenangnya.
Lebih jelas simak videonya di bawah ini.

2.    Meraih Bintang 2

Cara bermain:
Bermain pada meraih bintang 2 ini sama persis aturan seperti meraih bintang 1. Namun jumlah anak yang meraih bintang adalah 3. Dibutuhkan sarung 3 buah kemudian dikaitkan satu sama lain. Keseruan menjadi lebih tegang dengan sensasi yang luar biasa. Simak videonya berikut.


3.    Meraih Bintang 3


Cara bermain: 
sama persis seperti di atas dan jumlah peserta yang meraih bintang menjadi 4 anak. Membentuk seperti persegi saling menarik dan berusaha untuk meraih bintangnya. Simak keseruannya dalam video di bawah ini.

4.    Meraih Bintang 4
Cara bermain: 
sama persis seperti di atas dan jumlah peserta yang meraih bintang menjadi 5 orang. Membentuk seperti persegi lima saling menarik dan berusaha untuk meraih bintangnya. Simak keseruannya dalam video di bawah ini.




*_* Semoga bermanfaat *_*

Post a Comment for "Jenis-jenis Latihan Kekuatan untuk Anak Melalui Permainan"

Postingan Terbaru

info
>