Keluarga bahagia Game Kecil dalam Pendidikan Jasmani


Permainan Keluarga Bahagia  
Permainan Kecil dalam Pendidikan 

A. Pengertian Permainan
Permaian ini bertujuan untuk mengenalkan karakteristik siswa akan rasa sosial yang tinggi. Menguji kepekaan siswa terhadap teman bermain. Dibutuhkan indera pendengaran yang tajam dalam permainan ini. Pada permainan ini kami mencontohkan dengan menggunakan binatang yang berada disekitar mereka. Permainan ini dapat memberikan kontribusi siswa dalam membina tim kerja yang baik. Saling bantu membantu, bersusah paya bersama dan bahagia bersama. Keluarga bahagia sebuah perumpan bagi permainan ini mereka anggota keluarga seolah-olah hilang dan berupaya untuk mencari masing-masing keluarga tersebut. akhir yang bahagia ketika setia keluarga bisas berkumpul manjadi utuh kembali.

b.    B. Sarana dan Prasana Permainan

Alat yang digunakan dalam permainan ini cukup mudah, simpel dan tidak memerlukan alat yang beraneka ragam. Adapun alat yang dibutuhkan adalah:
1)    Penutup Mata sejumlah anak (bisa dikondisikan secara bergantian)
2)    Lapangan yang memadai
3)    Cones sebagai pembatas lapangan bisa diganti degan tali rafia bila ada (untuk menghindari siswa berjalan lebih jauh dari lapangan permainan yang telah disediakan).

c.    C. Cara Bermain
Sekilas sudah kami jelaskan di atas secara garis besar permainan keluarga bahagia ini. Mari bersama kita simak cara bermainnya dibawah ini:
1)    Pertama adalah pisahkan kelompok antara siswa putra dan putri ini menghindari benturan ketika dalam permainan.
2)    Pada siswa putra bagilah mereka menjadi kelompok kecil, masing-masing kelompok berjumlah sekitar 4-6 orang atau sesuai kondisi siswa di lapangan.
3)    Memberikan aturan permainan bahwa kelompok kecil tersebut adalah sebuah keluarga yang bahagia. Suatu ketika terpisahkan oleh bencana alam dan mereka terpisah satu sama lain.
4)  nama kelompok / keluarga tersebut dengan nama binatang peliharaan disekitar. Disini kami memberikan nama kelompok sebagai berikut.


                                  Nama Kelompok Permainan Keluarga Bahagia

No
Nama Kelompok / Keluarga
Kode
1
Jangkrik
Krik…krik…krik…
2
Kambing
Mbek…mbeeek…mbeekk
3
Kucing
Meong….Meong…Meong
4
Ayam Jago
Kuk…Ku ruyukk…Kok..


5)    Setelah pembagian kelompok selesai, Guru menjelaskan kodedari masing-masing keluarga bahagia tersebut. Dari mulai bunyi dan gerakannya. Kalau keluarga kucing maka kalau mau memanggi anggota keluarganya dengan berbunyi meong..meong dan begitu pula dengan kelompok keluarga bahagia lainnya.

6)    Sudah jelas dengan aturan main yang ada, maka tugas setiap keluarga adalah mencari semua anggota keluarga dengan mata tertutup. Siswa disebar secara acak dalam lapangan permainan. Lebih jelas bisa dilihat pada gambar berikut.



Gambar 1
Permainan Keluarga Bahagia


7)    Tatkala sudah siap semuanya guru memberikan aba-aba dengan peluit panjang. Maka siswa akan berjalan dengan mata tertutup dan bergerak mencari anggota keluarganya yang hilang. Mereka mencari anggota keluarga dengan menggunakan bunyi sesuai masing-masing kelompoknya. Anggota keluarga yang berkumpul terlebih dahulu merekalah menjadi pemenang dari permainan ini. Keseruan dalam permainan ini bisa ditonton dengan lebih jelas pada video di bawah ini.
 




D. Nilai Karakter Pendidikan dalam Permainan
Permainan keluarga bahagia dalam pembelajaran pendidikan jasmani terdapat nilai-nilai karakter dalam pendidikan yang dapat diimplementasikan dalam kehiudupan bermasyarakat, yaitu:
1)    Jujur
2)    Disiplin
3)    Kerja Keras
4)    Mandiri
5)    Bertanggung Jawab
6)    Kreatif
7)    Peduli Sosial 


Salam Sejahtera, Semoga Bermanfaat

Post a Comment for "Keluarga bahagia Game Kecil dalam Pendidikan Jasmani"

Postingan Terbaru

info
>