Kupas Tuntas Permainan Bintang Beralih



Permainan Bintang Beralih 



Mengasah ketrampilan motorik siswa dalam aspek kelincahan, daya tahan dan kecepatan

a    Pengertian Permainan
Permainan bintang beralih merupakan permainan sederhana dalam mengasah kemampuan anak dalam aspek kelincahan. Permainan ini bisa jadi adalah permainan tradisional dengan sebutan lintang ngaleh. Untuk mengaplikasikan cara bermainnya cukup mudah sekali. Pada dasarnya adalah memodifikai gerak lokomotor siswa. Mereka berlari dengan model permainan yang menarik.
            Berlari dengan menggunakan permaian hasil pembelajaran anak akan berbeda. Kalau kita memberikan jalur lurus saja dalam pembelajaran lari pada awalnya terkesan namun anak-anak juga akan merasakan bosa. Lari termasuk salah satu cabang olahraga atletik sehingga pada proses pembelajaran guru bisa memberikan metode pembelajaran atletik yang menyenangkan siswa.
            Permainan bintang beralih ini bersidat universal bisa digunakan pada pembelajaran atletik untuk siswa SD. Namun demikian permainan tersebut bisa dimainkan untuk jenjang leih tinggi yang mana dijadikan pemanasan sebelum pembelajaran memasuki kegiatan inti. Pada jenjang lebih tinggi pembelajaran atletik sudah memasuki tahapan yang berbeda.
            Untuk memainkannya siswa seolah-olah menjadi bintang dilangit. Bintang tersebut berupaya untuk berpindah-pindah tempat untuk mencari suasana yang lain. Siswa atau bintang berlari dengan sekuat tenaga untuk mendapatkan tempat yang aman.

b.    Sarana dan Prasana Permainan
Permainan ini tidak membutuhkan peralatan yang banyak cukup lapangan permainan dan kerucut sebagai pembatas dalam permainan.
c.    Cara Bermain
1)    Siswa dibagi menjadi 4 kelompok secara acak dan proporsional.
2)    1 siswa sebagai pengejar bintang dan siswa lainnya sebagai bintang tetap atau tempat hinggap bintang.
3)    Menunggu aba-aba permainan guru memberikan simulasi permainan dulu sebelum permainan sebenarnya dimainnkan.
4)    Peraturan permainannya adalah terdapat 1 siswa yang mengejar siswa lain. Siswa lain tersebut berlari kemanapun asal masih berada di lapangan permainan.
5)    Siswa yang satunya berusaha untuk menangkap siswa tersebut.
6)    Siswa yang berlari boleh hinggap di tempat atau 4 kelompok tadi yang sudah siap menunggu. Siswa hinggap di depan kelompok dan siswa paling belakang menggantikan siswa yang hinggap tadi sdan berlari kemanapun untuk mengecoh siswa yang mengejarnya.
7)    Apabila siswa yang dikejar tertangkap oleh siswa mengejar maka mereka akan bergantian peran.
8)    Setelah siswa memahami peraturan yang diberikan maka dilanjutkan dengan permainan.
9)    Siswa secara bergantian memainkan peran bintang tesebut sampai waktu yang telah ditentukan.
10) Pada akhir pembelajaran guru memberikan evaluasi dan manfaat gerak pada permainan bintang beralih.
11) Permainan bintang beralih dapat disaksikan melalui video  dibawah ini


d.    Nila Karakter Pendidikan dalam Permainan
Nilai karakter pendidikan pada permainan ini adalah siswa belajar dan berlatih akan kedisplinan, toleransi, kerja keras, kreatif dan jujur.

e.    Manfaat Gerak dalam Pendidikan Jasmani
Dengan permainan ini siswa sudah mempraktekkan gerak lokomotor secara mandiri dan bersama-sama. Selain itu materi dasar atletik bisa tersampaikan oleh siswa dengan baik. Permainan bintang beralih juga dapat meningkatkan kebugaran siswa dalam aspek kelincahan, daya tahan dan kecepatan. 

Post a Comment for "Kupas Tuntas Permainan Bintang Beralih "

Postingan Terbaru

info
>