SOAL PEDAGOGI AYO GURU BELAJAR KETRAMPILAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI

 SOAL PEDAGOGI PPPK AYO GURU BELAJAR 


KETRAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

1. Pada KD “Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya,”pengembangan materi pengayaan pada KD tersebut adalah ....

  • menyebutkan upaya pelestarian beberapa jenis makhluk hidup
  • membandingkan siklus makhluk hidup satu dengan yang lainnya
  • menganalisis hubungan antara siklus hidup dengan upaya pelestarian
  • menjelaskan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup

 

2. Strategi guru saat peserta didik belum siap melakukan keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah....

  • membentuk kelompok siswa dengan kemampuan yang heterogen
  • merubah perencanaan disesuaikan dengan kemampuan siswa
  • tetap melakukan aktivitas dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi
  • membangun skemata dari pengetahuan awal yang telah diperoleh sebelumnya dengan pengetahuan baru yang akan diajarkan

3. Keterampilan berpikir tingkat tinggi memiliki beberapa aspek. Pemahaman bahwa keterampilan untuk dapat memecahkan masalah yang muncul pada kehidupan sehari-hari merupakan bagian dari aspek keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai..

  • problem solving
  • critical thinking
  • transfer knowledge
  • creative thinking

4. Manakah diantara pernyataan berikut yang merupakan indikator pengayaan dari Kompetensi Dasar “Menganalisisperan ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa”?

  • Membandingkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.
  • Menjelaskan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang budaya.
  • Mengklasifikasi peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya.
  • Merasionalkan peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya

 5. Perhatikan pernyataan berikut.

    Mudah beradaptasi dan mampu mengelola kompleksitas.

    Keingintahuan, kreativitas, dan pengambilan risiko.

    Berpikir tingkat tinggi dan alasan yang masuk akal.

 Pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri dari sebagai bagian dari keterampilan Abad ke-21.

  • Digital Age Literacy
  • Effective Communication
  • Inventive Thinking
  • High Productivity  

6. Rumusan indikator kunci untuk kompetensi dasar “Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar,” adalah..

  • menyebutkan pengertian ekosistem
  • menggeneralisasi hubungan antar komponen ekosistem
  • menjelaskan jaring-jaring makanan
  • menelaah hubungan antar komponen ekosistem

 

7. Salah satu proses kognitif adalah “menganalisis” yang maknanya adalah ....

  • memecah materi ke dalam bagian-bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian itu terhubungkan antar bagian
  • menempatkan unsur-unsur secara bersama-sama untuk membentuk keseluruhan secara koheren atau fungsional
  • membangun arti dari proses pembelajaran, termasuk komunikasi lisan, tertulis dan gambar
  • melakukan atau menggunakan prosedur di dalam situasi yang tidak biasa.

 

 8. Contoh aktivitas pembelajaran yang mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah ....

  • membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi
  • membaca berbagai sumber tentang cuaca dan iklim
  • melihat video tentang cuaca
  • mencatat hasil pengamatan cuaca

 

9. Pada pendidikan abad ke-21, kompetensi Collaboration sangat penting karena peserta didik dapat....

  • bekerja sama dalam sebuah kelompok dalam memecahkan permasalahan yang ditemukan
  • mengomunikasikan ide-ide dan gagasan secara efektif menggunakan media lisan, tertulis, maupun teknologi
  • mengidentifikasi, menganalisis, menginterpretasikan, dan mengevaluasi bukti-bukti, argumentasi, klaim dan data-data yang tersaji secara luas melalui pengkajian secara mendalam, serta merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari
  • menghasilkan, mengembangkan, dan mengimplementasikan ide-ide mereka secara kreatif baik secara mandiri maupun berkelompok

 

10. Rumusan indikator kunci untuk kompetensi dasar “Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar,” adalah..

  • menjelaskan jaring-jaring makanan
  • menelaah hubungan antar komponen ekosistem
  • menggeneralisasi hubungan antar komponen ekosistem
  • menyebutkan pengertian ekosistem

 

 11. Indikator kunci dari kompetensi dasar “Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar” adalah ….

  • menguji hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
  • mengklasifikasi tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
  • menganalisis hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
  • menjelaskan tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar


Post a Comment for "SOAL PEDAGOGI AYO GURU BELAJAR KETRAMPILAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI "

Postingan Terbaru

info
>