SOAL PEDAGOGI PPPK DASAR KOMUNIKASI

 

SOAL PEDAGOGI PPPK DASAR KOMUNIKASI 


SOAL DAN JAWABAN 

DASAR KOMUNIKASI

Fungsi utama mengajukan pertanyaan kepada siswa dalam proses pembelajaran yaitu untuk ….

  • Memenuhi rasa ingin tahu siswa
  • Mengajak siswa untuk berpikir dan bernalar
  • Menempatkan siswa sebagai subjek belajar
  • Mengetahui keinginan siswa

  

Contoh pesan non verbal yang terjadi pada proses pembelajaran di kelas yaitu …

  • Guru memberikan “standing applause” kepada kelompok yang presentasi hasil kerjanya bagus
  • Guru memberikan instruksi dengan tegas supaya siswa tidak bekerja sama dalam mengerjakan ujian
  • Siswa menanggapi langsung pertanyaan dari guru yang ditujukan kepadanya
  • Siswa bertanya langsung tentang materi pelajaran yang tidak dimengerti

 

Perhatikan kata (istilah) “likuid” dalam pebelajaran IPA, dengan kata (istilah) “likuid”/”likuiditas” dalam pembelajaran IPS. Istilah tersebut  memiliki arti yang berbeda dengan konteks masing-masing. Kesalahan memahami suatu istilah dapat menghambat dalam proses komunikasi pembelajaran. Hambatan ini biasa disebut …. 

  • Hambatan budaya
  • Hambatan personal
  • Hambatan semantik
  • Hambatan lisan

 

Komunikasi itu merupakan proses simbolik. Pernyataan ini merupakan …

  • Istilah komunikasi
  • Bentuk komunikasi
  • Tujuan komunikasi
  • Prinsip komunikasi

  

Salah satu faktor penunjang keberhasilan komunikasi yang efektif adalah faktor etos (nilai-nilai) pada diri komunikator. Secara teoretis, hal-hal apa sajakah yang dapat membangun etos guru sebagai komunikator dalam pembelajaran? 

  • Kepercayaan dan daya tarik
  • Emosi dan intelektual
  • Kepercayaan dan latar belakang budaya
  • Daya tarik dan kecerdasan

 

Pertanyaan yang bertujuan untuk memunculkan minat dan keingintahuan peserta didik sehingga perhatian peserta didik terfokus sebaiknya dilakukan pada saat …. 

  • kegiatan inti
  • refleksi
  • penutup
  • pendahuluan

 

Pada pendekatan pembelajaran saintifik, keterampilan komunikasi siswa dapat dilihat dan diukur (dinilai) pada kegiatan di bawah ini, kecuali …

  • Mendiskusikan suatu masalah
  • Mengumpulkan data
  • Mencoba atau bereksperimen
  • Mepresentasikan hasil diskusi

 

Lima hal yang perlu diperhatikan guru dalam membangun iklim komunikasi yang positif dengan peserta didik yaitu .... 

  • Respect, emphaty, audible, clarity, dan preparedness
  • Respect, sympaty, audible, clarity, dan humble
  • Respect, emphaty, audible, clarity, dan humble
  • Respect, emphaty, audible, seriousness, dan preparedness

 

Seorang guru dituntut memiliki kemampuan keterampilan bertanya dalam proses pembelajaran. Diantara pernyataan di bawah ini, manakah yang kurang tepat mengenai fungsi pertanyaan dalam pembelajaran?

  • mengembangkan dan membangun konsep diri siswa secara individu
  • merangsang siswa mencari bahan yang lebih banyak (ekslplorasi)
  • mendorong minat dan motivasi siswa untuk berparsipasi aktif dalam pembelajaran
  • mengukur keberhasilan guru dalam menyampaikan pokok pelajaran

 

Indikator keterampilan komunikasi melalui presentasi hasil kerja ilmiah yang dilakukan oleh siswa dapat diukur melalui aspek-aspek di bawah ini, yaitu …

  • Siswa bekerja sama mendiskusikan temuan di lapangan
  • Siswa mengumpulkan bukti-bukti hasil pengamatannya
  • Siswa melakukan praktikum percobaan di kelompok
  • Siswa mengungkapkan data yang diperoleh dari pengamatan

 

Salah satu kelebihan komunikasi yang dilakukan secara langsung dan tatap muka (direct communication) adalah …

  • Komunikator dan komunikan bisa saling menyapa langsung
  • Komunikator dan komunikan dapat mengatur topik yang akan dibicarakan
  • Komunikator dan komunikan mengetahui respon secara langsung pada saat komunikasi berlangsung
  • Komunikator akan mudah memprediksi respon yang terjadi pada komunikan

 

Berdasarkan kuantitas orang yang terlibat dalam proses komunikasi, komunikasi di golongkan menjadi beberapa jenis, yaitu …

  • Komunikasi massa, komunikasi publik, komunikasi media
  • Komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi massa
  • Komunikasi kelompok, komunikasi persuasif, komunikasi koersif
  • Komunikasi intrapersonal, komunikasi internasional, komunikasi kelompok

 

Seorang guru menyampaikan materi pembelajaran secara langsung melalui aplikasi video conferences yang diikuti oleh siswa secara terpisah. Komunikasi yang terjadi pada kasus tersebut adalah 

  • Komunikasi langsung bermedia (mediated direct communination)
  • Komunikasi langsung satu arah (one way direct communication)
  • Komunikasi media massa (mass media communicatin)
  • Komunikasi media internet (internet media communication)

 

Merancang pertanyaan-pertanyaan dalam proses pembelajaran yang bertujuan memotivasi siswa untuk tetap menaruh perhatian pada pelajaran, dan mengontrol siswa tetap fokus pada pelajaran, sebaiknya dibuat/disusun dalam Rencana Program Pembelajaran pada bagian …

  • Kegiatan pendahuluan
  • Tujuan Pembelajaran
  • Kegiatan Evaluasi
  • Kegiatan Inti

 

Pada saat tertentu, siswa tidak akan memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru ketika dia menganggap penjelasan guru semakin tidak jelas, semakin bingung, bahkan semakin stress. Hal ini merupakan hambatan komunikasi antara guru dan siswa dalam bentuk ....

  • gangguan kepentingan
  • gangguan fisik
  • gangguan semantik
  • gangguan mekanik

 

Perhatikan contoh kegiatan berikut ini: 1) menyampaikan tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan pembelajaran, 2) mempersiapan hal-hal apa yang harus dilakukan baik oleh guru maupun siswa pada pembelajaran, dan 3) menyampaikan topik atau materi apa saja yang akan dibahas pada pembelajaran yang akan dilakukan. Contoh ke tiga hal tersebut, dalam kegiatan komunikasi termasuk kegiatan dalam upaya untuk menyamakan … dalam komunikasi. 

  • Pespekstif
  • Tujuan
  • Prasangka
  • Persepsi

 

Salah satu kelebihan komunikasi yang dilakukan secara langsung dan tatap muka (direct communication) adalah …

  • Komunikator akan mudah memprediksi respon yang terjadi pada komunikan
  • Komunikator dan komunikan dapat mengatur topik yang akan dibicarakan
  • Komunikator dan komunikan mengetahui respon secara langsung pada saat komunikasi berlangsung
  • Komunikator dan komunikan bisa saling menyapa langsung 

 

Indikator keterampilan komunikasi melalui presentasi hasil kerja ilmiah yang dilakukan oleh siswa dapat diukur melalui aspek-aspek di bawah ini, yaitu …

  • Siswa bekerja sama mendiskusikan temuan di lapangan
  • Siswa mengungkapkan data yang diperoleh dari pengamatan
  • Siswa mengumpulkan bukti-bukti hasil pengamatannya
  • Siswa melakukan praktikum percobaan di kelompok

 

Seorang guru menyampaikan materi pembelajaran secara langsung melalui aplikasi video conferences yang diikuti oleh siswa secara terpisah. Komunikasi yang terjadi pada kasus tersebut adalah …

  • Komunikasi media massa (mass media communicatin)
  • Komunikasi langsung satu arah (one way direct communication)
  • Komunikasi langsung bermedia (mediated direct communination)
  • Komunikasi media internet (internet media communication)

 

Hal yang tidak termasuk ke dalam jenis komunikasi non verbal adalah …

  • Bahasa yang digunakan
  • Ekepresi wajah
  • Gerakan tubuh
  • Intonasi suara

 

Dari pernyataan di bawah ini, pernyataan manakah yang kurang tepat untuk menjelaskan tentang komunikasi yang efektif? 

  • Komunikasi efektif adalah komunikasi yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain dimana respons atau efek yang terjadi pada komunikan sesuai dengan tujuan komunikator
  • Komunikasi dikatakan efektif apabila terdapat kesepahaman antara komunikator dan komunikan terhadap makna isi pesan yang disampaikan.
  • Komunikasi dikatakan efektif apabila pesan yang
  • disampaikan oleh pengirim sama maknanya dengan pesan yang ditangkap dan dipahami oleh penerima
  • Komunikasi efektif dapat terjadi apabila komunikator menyampaikan pesan hanya secara linear kepada komunikan dengan maksud untuk merubah tingkah laku. 

 

Pada pendekatan pembelajaran saintifik, keterampilan komunikasi siswa dapat dilihat dan diukur (dinilai) pada kegiatan di bawah ini, kecuali …

  • Mencoba atau bereksperimen
  • Mengumpulkan data
  • Mepresentasikan hasil diskusi
  • Mendiskusikan suatu masalah

 

Pada saat tertentu, siswa tidak akan memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru ketika dia menganggap penjelasan guru semakin tidak jelas, semakin bingung, bahkan semakin stress. Hal ini merupakan hambatan komunikasi antara guru dan siswa dalam bentuk .... 

  • gangguan mekanik
  • gangguan kepentingan
  • gangguan fisik
  • gangguan semantik

 

Komunikasi itu merupakan proses simbolik. Pernyataan ini merupakan …

  • Prinsip komunikasi
  • Bentuk komunikasi
  • Tujuan komunikasi
  • Istilah komunikasi

  

Pertanyaan yang bertujuan untuk memunculkan minat dan keingintahuan peserta didik sehingga perhatian peserta didik terfokus sebaiknya dilakukan pada saat ….

  • kegiatan inti
  • refleksi
  • penutup
  • pendahuluan

 

Secara sederhana komunikasi dikatakan efektif apabila pesan yang disampaikan oleh pengirim sama maknanya dengan pesan yang ditangkap dan dipahami oleh penerima. Diagram yang menunjukkan komunikasi efektif adalah.... 

  • perception -----> interpretation --------> understanding -------> action
  • Perception -----> interpretation --------> action -------> understanding
  • Action ----perception -----> interpretation --------> understanding
  • Action --------> understanding Perception -----> interpretation

 

Merancang pertanyaan-pertanyaan dalam proses pembelajaran yang bertujuan memotivasi siswa untuk tetap menaruh perhatian pada pelajaran, dan mengontrol siswa tetap fokus pada pelajaran, sebaiknya dibuat/disusun dalam Rencana Program Pembelajaran pada bagian ….

  • Kegiatan Evaluasi
  • Kegiatan Inti
  • Tujuan Pembelajaran
  • Kegiatan pendahuluan

 

Hal yang tidak termasuk ke dalam jenis komunikasi non verbal adalah …

  • Ekepresi wajah
  • Bahasa yang digunakan
  • Intonasi suara
  • Gerakan tubuh




Post a Comment for "SOAL PEDAGOGI PPPK DASAR KOMUNIKASI "