SOAL PEDAGOGI PPPK PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK
SOAL DAN JAWABAN
PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK
Di kelas Bu Rani, ada beberapa
anak yang lebih suka menyendiri, sedikit memiliki teman, kurang mampu
berkomunikasi, dan kurang mampu bekerja sama. Ciri-ciri perilaku peserta didik
tersebut menunjukkan kecenderungan memiliki...
- kemampuan menghargai diri yang rendah
- keterampilan sosial yang rendah
- keterampilan sosialisasi yang rendah
- kemampuan berkomunikasi yang rendah
Pak Akhmad sedang melaksanakan
diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkahnya
adalah menganalisis lembar jawaban ulangan untuk mengetahui jumlah jawaban
benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar mereka.
Tindakan Pak Akhmad tersebut merupakan langkah...
- identifikasi kasus
- memperkirakan penyebab
- identifikasi masalah
- memperkirakan tindakan
Setiap anak memiliki potensi
kreatif meskipun dalam tingkatan yang berbeda. Namun kreativitas berkembang
karena faktor lingkungan. Apabila akan mengembangkan kreativitas siswa, maka
guru hendaknya merancang pembelajaran yang kondusif. Pembelajaran yang dapat
memfasilitasi berkembangnya kreativitas anak adalah...
- fleksibel dan sesuai bakat
- demokratis dan permisif
- demokratis dan sesuai bakat
- fleksibel dan permisif
Toni sering berjalan-jalan ketika
belajar, mengganggu teman-teman yang sedang belajar, dan membuat masalah di
kelas. Gejala tersebut menunjukkan Toni memiliki kesulitan belajar dalam aspek
penyesuaian...
- Emosi
- Diri
- Moral
- Sosial
Prestasi Amir pada sebagian besar
bidang studi di bawah KKM. Berdasarkan hasil analisis himpunan data Amir
memiliki potensi mental intelektualnya di atas rata-rata. Amir diduga memiliki
kesulitan belajar dan termasuk anak yang...
- prestasi belajarnya sesuai dengan tingkat kecerdasannya
- Prestasi belajarnya tidak sesuai dengan potensinya
- prestasinya rendah karena sikap kebiasaan belajarnya negatif
- peserta didik termasuk anak yang lambat belajar
Salsabila yang duduk di kelas 2
SD menunjukkan prestasi belajar yang rendah hampir di semua bidang studi dan
jarang dapat menyelesaikan tugas sesuai waktu yang telah ditentukan. Namun
Salsabila mempunyai catatan kehadiran, kerajinan, dan ketekunan yang bagus,
serta sikap belajar yang positif. Faktor penyebab kesulitan belajar Salsabila
diperkirakan pada...
- bakat siswa yang rendah
- tingkat kecerdasan yang rendah
- minat belajar yang kurang baik
- motivasi belajar yang kurang baik
Perkembangan dipengaruhi oleh faktor
pembawaan, kematangan dan lingkungan, sehingga terjadi keragaman individual.
Keragaman individual peserta didik dalam kecakapan potensial harus menjadi
pertimbangan bagi guru dalam...
- merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman pengetahuan peserta didik
- merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman prestasi belajar peserta didik
- merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman tingkat kecerdasan peserta didik
- merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman kematangan peserta didik
Pembelajaran sebaiknya dilakukan
dari materi sederhana ke kompleks, mudah ke sulit, dan diorganisasikan agar
terlaksananya prinsip belajar tuntas dan maju berkelanjutan. Hal ini merupakan
implikasi pendidikan dari prinsip/ hukum perkembangan...
- variasi dalam tempo perkembangan
- awalnya differensiasi akhirnya integrasi
- perkembangan berlangsung secara bertahap
- keragaman dalam irama perkembangan
Pembelajaran sebaiknya dilakukan
dari materi sederhana ke kompleks, mudah ke sulit, dan diorganisasikan agar
terlaksananya prinsip belajar tuntas dan maju berkelanjutan. Hal ini merupakan
implikasi pendidikan dari prinsip/ hukum perkembangan...
- keragaman dalam irama perkembangan
- awalnya differensiasi akhirnya integrasi
- perkembangan berlangsung secara bertahap
- variasi dalam tempo perkembangan
Setiap anak memiliki potensi
kreatif meskipun dalam tingkatan yang berbeda. Namun kreativitas berkembang
karena faktor lingkungan. Apabila akan mengembangkan kreativitas siswa, maka
guru hendaknya merancang pembelajaran yang kondusif. Pembelajaran yang dapat
memfasilitasi berkembangnya kreativitas anak adalah...
- demokratis dan sesuai bakat
- demokratis dan permisif
- fleksibel dan permisif
- fleksibel dan sesuai bakat
Prestasi Amir pada sebagian besar
bidang studi di bawah KKM. Berdasarkan hasil analisis himpunan data Amir
memiliki potensi mental intelektualnya di atas rata-rata. Amir diduga memiliki
kesulitan belajar dan termasuk anak yang...
- prestasi belajarnya sesuai dengan tingkat kecerdasannya
- prestasinya rendah karena sikap kebiasaan belajarnya negatif
- peserta didik termasuk anak yang lambat belajar
- Prestasi belajarnya tidak sesuai dengan potensinya
Ibu Fatimah merancang
pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik kemampuan dasar anggota
kelompok. Hal yang dilakukan oleh Ibu Fatimah merupakan implementasi pendidikan
dari prinsip perkembangan, yaitu...
- pola perkembangan memiliki keragaman
- perkembangan bersifat maju berkelanjutan
- perkembangan berproses secara bertahap
- variasi dari tempo dan irama perkembangan
Dicky tidak disukai oleh
teman-temannya karena memiliki sikap kurang menghargai orang lain, suka
berbicara kasar, agresif dan suka mengganggu orang lain. Bedasarkan ciri-ciri
perilaku tersebut diduga status hubungan sosial Dicky termasuk...
- anak yang ditolak
- anak yang kontroversial
- anak yang diabaikan
- anak yang diterima
Prestasi Musa di sebagian besar
bidang studi di atas KKM, terutama IPA. Ulangannya yang selalu mendekati nilai
sempurna didukung oleh kegemarannya membaca. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh
guru untuk mengembangkan bakat Musa?
- dijadikan pendidik sebaya untuk membantu teman-temannya yang kesulitan belajar
- memberikan berbagai tugas mandiri sekaligus melatih keterampilan belajarnya
- memfasilitasi peserta didik untuk memperdalam materi kurikulum yang diajarkan sesuai bakatnya
- memfasilitasi peserta didik untuk memperdalam materi kurikulum yang diajarkan sesuai minatnya
Salah satu tahap diagnostik
kesulitan belajar adalah tahap diagnosis analitik. Pada tahap ini biasa
digunakan tes diagnosis atau tes prestasi belajar. Tujuan dari tahap diagnosis
analitis adalah untuk mengidentifikasi masalah yaitu untuk mengetahui...
- letak kelemahan-kelemahan itu terjadi
- menandai anak yang mengalami kesulitan belajar
- jenis kesulitan belajar yang dialami anak
- faktor penyebab kesulitan belajar anak
Toni sering berjalan-jalan ketika
belajar, mengganggu teman-teman yang sedang belajar, dan membuat masalah di
kelas. Gejala tersebut menunjukkan Toni memiliki kesulitan belajar dalam aspek
penyesuaian...
- Emosi
- Sosial
- Diri
- Moral
ada soal yang sama tapi jawabannya berbeda
BalasHapusYg benet demokeatis permisif atau fleksibel permisif ??
BalasHapus