SOAL PEDAGOGI PPPK PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK

 SOAL PEDAGOGI PPPK PENGEMBANGAN POTENSI  PESERTA DIDIK 


SOAL  DAN JAWABAN 

PENGEMBANGAN POTENSI  PESERTA DIDIK 

Di kelas Bu Rani, ada beberapa anak yang lebih suka menyendiri, sedikit memiliki teman, kurang mampu berkomunikasi, dan kurang mampu bekerja sama. Ciri-ciri perilaku peserta didik tersebut menunjukkan kecenderungan memiliki...

  • kemampuan menghargai diri yang rendah
  • keterampilan sosial yang rendah
  • keterampilan sosialisasi yang rendah
  • kemampuan berkomunikasi yang rendah

 

Pak Akhmad sedang melaksanakan diagnostik kesulitan belajar untuk beberapa siswanya. Salah satu langkahnya adalah menganalisis lembar jawaban ulangan untuk mengetahui jumlah jawaban benar dan salah. Cara ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar mereka. Tindakan Pak Akhmad tersebut merupakan langkah...

  • identifikasi kasus
  • memperkirakan penyebab
  • identifikasi masalah
  • memperkirakan tindakan

 

Setiap anak memiliki potensi kreatif meskipun dalam tingkatan yang berbeda. Namun kreativitas berkembang karena faktor lingkungan. Apabila akan mengembangkan kreativitas siswa, maka guru hendaknya merancang pembelajaran yang kondusif. Pembelajaran yang dapat memfasilitasi berkembangnya kreativitas anak adalah...

  • fleksibel dan sesuai bakat
  • demokratis dan permisif
  • demokratis dan sesuai bakat
  • fleksibel dan permisif

 

Toni sering berjalan-jalan ketika belajar, mengganggu teman-teman yang sedang belajar, dan membuat masalah di kelas. Gejala tersebut menunjukkan Toni memiliki kesulitan belajar dalam aspek penyesuaian...

  • Emosi
  • Diri
  • Moral
  • Sosial

 

Prestasi Amir pada sebagian besar bidang studi di bawah KKM. Berdasarkan hasil analisis himpunan data Amir memiliki potensi mental intelektualnya di atas rata-rata. Amir diduga memiliki kesulitan belajar dan termasuk anak yang...

  • prestasi belajarnya sesuai dengan tingkat kecerdasannya
  • Prestasi belajarnya tidak sesuai dengan potensinya
  • prestasinya rendah karena sikap kebiasaan belajarnya negatif
  • peserta didik termasuk anak yang lambat belajar

  

Salsabila yang duduk di kelas 2 SD menunjukkan prestasi belajar yang rendah hampir di semua bidang studi dan jarang dapat menyelesaikan tugas sesuai waktu yang telah ditentukan. Namun Salsabila mempunyai catatan kehadiran, kerajinan, dan ketekunan yang bagus, serta sikap belajar yang positif. Faktor penyebab kesulitan belajar Salsabila diperkirakan pada...

  • bakat siswa yang rendah
  • tingkat kecerdasan yang rendah
  • minat belajar yang kurang baik
  • motivasi belajar yang kurang baik

 

Perkembangan dipengaruhi oleh faktor pembawaan, kematangan dan lingkungan, sehingga terjadi keragaman individual. Keragaman individual peserta didik dalam kecakapan potensial harus menjadi pertimbangan bagi guru dalam...

  • merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman pengetahuan peserta didik
  • merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman prestasi belajar peserta didik
  • merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman tingkat kecerdasan peserta didik
  • merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman kematangan peserta didik

 

Pembelajaran sebaiknya dilakukan dari materi sederhana ke kompleks, mudah ke sulit, dan diorganisasikan agar terlaksananya prinsip belajar tuntas dan maju berkelanjutan. Hal ini merupakan implikasi pendidikan dari prinsip/ hukum perkembangan...

  • variasi dalam tempo perkembangan
  • awalnya differensiasi akhirnya integrasi
  • perkembangan berlangsung secara bertahap
  • keragaman dalam irama perkembangan

 

Pembelajaran sebaiknya dilakukan dari materi sederhana ke kompleks, mudah ke sulit, dan diorganisasikan agar terlaksananya prinsip belajar tuntas dan maju berkelanjutan. Hal ini merupakan implikasi pendidikan dari prinsip/ hukum perkembangan...

  • keragaman dalam irama perkembangan
  • awalnya differensiasi akhirnya integrasi
  • perkembangan berlangsung secara bertahap
  • variasi dalam tempo perkembangan

 

Setiap anak memiliki potensi kreatif meskipun dalam tingkatan yang berbeda. Namun kreativitas berkembang karena faktor lingkungan. Apabila akan mengembangkan kreativitas siswa, maka guru hendaknya merancang pembelajaran yang kondusif. Pembelajaran yang dapat memfasilitasi berkembangnya kreativitas anak adalah...

  • demokratis dan sesuai bakat
  • demokratis dan permisif
  • fleksibel dan permisif
  • fleksibel dan sesuai bakat

 

Prestasi Amir pada sebagian besar bidang studi di bawah KKM. Berdasarkan hasil analisis himpunan data Amir memiliki potensi mental intelektualnya di atas rata-rata. Amir diduga memiliki kesulitan belajar dan termasuk anak yang...

  • prestasi belajarnya sesuai dengan tingkat kecerdasannya
  • prestasinya rendah karena sikap kebiasaan belajarnya negatif
  • peserta didik termasuk anak yang lambat belajar
  • Prestasi belajarnya tidak sesuai dengan potensinya

 

Ibu Fatimah merancang pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik kemampuan dasar anggota kelompok. Hal yang dilakukan oleh Ibu Fatimah merupakan implementasi pendidikan dari prinsip perkembangan, yaitu...

  • pola perkembangan memiliki keragaman
  • perkembangan bersifat maju berkelanjutan
  • perkembangan berproses secara bertahap
  • variasi dari tempo dan irama perkembangan

 

Dicky tidak disukai oleh teman-temannya karena memiliki sikap kurang menghargai orang lain, suka berbicara kasar, agresif dan suka mengganggu orang lain. Bedasarkan ciri-ciri perilaku tersebut diduga status hubungan sosial Dicky termasuk...

  • anak yang ditolak
  • anak yang kontroversial
  • anak yang diabaikan
  • anak yang diterima

 

Prestasi Musa di sebagian besar bidang studi di atas KKM, terutama IPA. Ulangannya yang selalu mendekati nilai sempurna didukung oleh kegemarannya membaca. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh guru untuk mengembangkan bakat Musa?

  • dijadikan pendidik sebaya untuk membantu teman-temannya yang kesulitan belajar
  • memberikan berbagai tugas mandiri sekaligus melatih keterampilan belajarnya
  • memfasilitasi peserta didik untuk memperdalam materi kurikulum yang diajarkan sesuai bakatnya
  • memfasilitasi peserta didik untuk memperdalam materi kurikulum yang diajarkan sesuai minatnya

 

Salah satu tahap diagnostik kesulitan belajar adalah tahap diagnosis analitik. Pada tahap ini biasa digunakan tes diagnosis atau tes prestasi belajar. Tujuan dari tahap diagnosis analitis adalah untuk mengidentifikasi masalah yaitu untuk mengetahui...

  • letak kelemahan-kelemahan itu terjadi
  • menandai anak yang mengalami kesulitan belajar
  • jenis kesulitan belajar yang dialami anak
  • faktor penyebab kesulitan belajar anak

  

Toni sering berjalan-jalan ketika belajar, mengganggu teman-teman yang sedang belajar, dan membuat masalah di kelas. Gejala tersebut menunjukkan Toni memiliki kesulitan belajar dalam aspek penyesuaian...

  • Emosi
  • Sosial
  • Diri
  • Moral

1 comment for "SOAL PEDAGOGI PPPK PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK "