TRY OUT PPPK PJOK 8

 TRY OUT PPPK PJOK 8





TRY OUT PPPK PJOK 8
Petunjuk: kerjakan soal dengan teliti dan pahami KATA KUNCI setiap soal
1 soal       : SKOR 1

1. Berikut upaya pengembangan profesionalisme berkelanjutan yang termasuk kegiatan pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif secara berurutan adalah......?
Mengikuti diklat teknis, publikasi karya ilmiah di majalah terakreditasi, dan menciptakan alat pendeteksi kadar oksigen 
Mempublikasikan kegiatan diklat di koran, menulis artikel di jurnal internasional, dan menciptakan karya seni bela diri
Mengikutipelatihanpembuatanmedia,menciptakanmodelpembelajaranyang dimuat di media massa, dan membuat karya seni
Mengikuti diklat kepala sekolah, mempublikasikan artikel di jurnal internasional, dan mengikuti diklat pembuatan media inovatif
Menulis jurnal, mempublikasikan hasil PTK di jurnal terakreditasi, dan menghasilkan model pembelajaran

2. Berikut ini termasuk katagori keterampilan khusus yang memerlukan pengambilan keputusan yang diperlukan dalam belajar mandiri adalah..?
Keterampilan menetapkan tujuan belajar 
Kemampuan merumuskan tujuan pembelajaran
Kemampuan merumuskan tujuan pembelajaran
Kemampuan menterjemahkan informasi visual
Keterampilan menterjemahkan dan memahami bahan tertulis

3. Belajar mandiri berkelanjutan memiliki dimensi psikologis, pedagogis, dan dimensi sosial. Berikut ini secara berturut-turut berikut merupakan indikator adanya ketiga dimensi tersebut dalam belajar mandiri adalah...?
Memiliki kebebasan belajar, menghadiri forum ilmih, dan tergantung kepada fasilitator
Mengisolasi diri secara fisik, melanjutkan sekolah, dan menentukan tujuan belajar sendiri
Belajar individual dan menyendiri, aktif mencari sumber belajar, dan mengontrol laju belajar sendiri
Belajar mendasarkan tujuan yang ditetapkan, mengikuti kegiatan pembelajaran, dan meminta umpan balik dari fasilitator
Memiliki kebebasan dalam belajar, aktif mengikuti diskusi ilmiah, dan menilai kemajuan belajarnya sendiri 

4. Tugas ajar yang diberikan harus memperhatikan perubahan kemampuan anak dan dapat membantu mendorong perubahan perkembangan peserta didik didasarkan pada kararakteristik program pendidikan jasmani, yaitu?
Development appropriate practice
Development appropriate attitude
Development appropriate conceptual
Development appropriate theoretical
Development appropriate motoric

5. Mengembangkan manusia Indonesia dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Manusia yang mempunyai takwa dan iman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mempunyai budi pekerti yang luhur, mandiri, kepribadian yang mantap, kesehatan rohani, dan jasmani, keterampilan dan pengetahuan, dan terakhir mempunyai rasa tanggung jawab untuk berbangsa dan bermasyarakat?
Arti Pendidikan Nasional
Tujuan Pendidikan Nasional
Tujuan Pendidikan Secara Umum
Fungsi Pendidikan Nasional
Ruang Lingkup Pendidikan Nasional

6. Setiap Guru memiliki jaminan perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas 
keprofesionalan hal tersebut termuat dalam?
Undang Undang Hak Asasi Manusia
Undang Undang Perlindungan Pekerja
Undang Undang Guru dan Dosen
Undang Undang sistem Pendidikan Nasional
Undang Undang Hukum Acara Pidana

7. Guru PJOK terampil dalam memilih metode pembelajaran dikelas menggunakan gaya resiprokal dengan mempertimbangkan karateristik siswa, materi ajar dan ketersediaan sarana dan  prasanana. Kecakapan tersebut merupakan bagian dari?
Kompetensi Profesi
Kompetensi Sosial
Kompetensi Kepribadian
Kompetensi Profesional
Kompetensi Pedagogik

8.  Belajar mandiri berkelanjutan memiliki dimensi psikologis, pedagogis, dan dimensi sosial. Berikut ini secara berturut-turut berikut merupakan indikator adanya ketiga dimensi tersebut dalam belajar mandiri adalah....?
Memiliki kebebasan belajar, menghadiri forum ilmih, dan tergantung kepada fasilitator
Mengisolasi diri secara fisik, melanjutkan sekolah, dan menentukan tujuan belajar sendiri
Belajar individual dan menyendiri, aktif mencari sumber belajar, dan mengontrol laju belajar sendiri
Belajar individual dan menyendiri, aktif mencari sumber belajar, dan mengontrol laju belajar sendiri
Memiliki kebebasan dalam belajar, aktif mengikuti diskusi ilmiah, dan menilai kemajuan belajarnya sendiri 

9. Peserta didik kesulitan memahami hubungan antara peredaran darah yang lancar dengan kesehatan tubuh. Bu Ani mengatakan;’ anak-anak pernahkan kalian melihat sungai yang kotor karena sampah dan tersumbat? Apakah dapat mengairi sawah-sawah agar tanaman menjadi sehat?” pernyataan Bu Ani memperlihatkan salah satu kompetensi guru abad 21 yaitu kemampuan dalam hal....?
Menghadirkan contoh
Melakukan eksplorasi
Membuat metafora
Membuat padanan kata
Membuat analogi 

10. Salah satu tujuan pendidikan jasmani adalah mengembangkan nilai-nilai pribadi dan sikap diri sendiri melalui partisipasi dalam aktivitas jasmani baik secara berkelompok maupun perorangan. Kondisi ideal yang bagaimana yang harus dimiliki peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan jasmani dalam pembelajaran PJOK?
berani mencoba dan mengambil resiko dalam pembelajaran PJOK
aktif bertanya tentang apa yang tidak diketahui dalam pembelajaran PJOK
memiliki pengetahuan tentang keterampilan gerak dalam pembelajaran PJOK
motivasi dan percaya diri tinggi dalam mengikuti pembelajaran PJOK
aktif melakukan gerakan-gerakan yang menunjang pembelajaran PJOK

11. Harmonisasi gerak dan irama dalam aktivitas gerak berirama sangatlah penting untuk dikuasai. Peserta didik selain harus dapat menguasai langkah kaki, juga harus mampu mengombinasikannya dengan ayunan lengan. Yang merupakan gerak dasar langkah kaki pada aktivitas gerak berirama adalah….

lunges dan marching
knee up dan butterfly
lunges dan claps
marching dan - biceps curl
claps dan butterfly

12. Gaya bebas merupakan gambaran gaya berenang tercepat, dengan posisi telungkup sambil meluncur santai kemudian terlihat bergerak dengan cepat. Secara berurutan pola gerakan yang benar dalam melakukan gaya bebas adalah sebagai berikut....

pernafasan, koordinasi tangan-kaki, gerakan mengayun kaki, dan gerakan mengayuh tangan
koordinasi tangan-kaki, gerakan mengayun kaki, gerakan mengayuh tangan, pernafasan
gerakan mengayun kaki, koordinasi tangan-kaki, mengayuh tangan, dan pernafasan
gerakan mengayun kaki, gerakan mengayuh tangan, koordinasi tangan-kaki, dan pernafasan
gerakan mengayuh tangan, gerakan mengayun kaki, pernafasan, dan koordinasi tangan-kaki

13. Dalam proses pembelajaran gerak lokomotor berjalan, berikut pembelajaran pola gerak dasar yang tepat dilakukan oleh guru PJOK SD….

Mendisain pembelajaran berjalan dan melangkah dengan kecepatan yang berbeda
Mendisain pembelajaran pola gerak langkah dan ayunan lengan
Mengajarkan variasi langkah dalam berjalan yang berbeda
Mengombinasikan arah langkah yang berbeda dengan ayunan lengan
Mengombinasikan macam-macam berjalan dengan langkah

14. Pak Hasan mendapati tiga orang peserta didik mengantuk di kelas. Berdasarkan informasi dari orangtua dan juga teman-temannya mereka sering bermain game terlalu lama, dan merasa jenuh dengan pembelajaran di kelas. Tindakan pertama yang paling tepat bagi Pak Hasan adalah....

Merancang pembelajaran dengan game dan melarang bermain game di rumah
Menyediakan game di sekolah di bawah pengawasan guru dan kepaal sekolah
Merefleksikan diri tentang cara mengajar dan berusaha merasakan yang dialami peserta didik 
Melarang anak bermain game bekerjasama dengan orangtua untuk pengawasannya
Menasehati ketiga anak tersebut agar tidak lagi bermain game di larut malam

15. Sekolah anda pada pada akhir libur semester mengadakan studi tour ke luar kota selama tiga hari dan anda menjadi salah satu guru pendamping kegiatan studi tour itu. Sesuai rencana rombongan studi tour akan tiba kembali di sekolah pada hari Minggu sore pukul 17.00 karena hari senin adalah hari pertama masuk sekolah. Tetapi karena sesuatu dan lain hal rombongan baru tiba kembali ke sekolah hari Senin pukul 03.00 pagi. Beberapa guru berencana untuk ijin tidak masuk pada hari pertama karena kelelehan. Apa yang anda lakukan?

Tetap masuk sekolah meskipun tidak seharian penuh sebagaimana hari-hari biasa
Tetap masuk sekolah sebagaimana hari-hari biasa meskipun banyak guru yang ijin
Menyarankan kepada para guru yang berencana tidak masuk untuk tetap masuk sekolah
Menyampaikan kepada kepala sekolah agar menghimbau para guru untuk tetap masuk sekolah
Menyarankan kepada peserta didik yang ikut studi tour untuk tetap masuk sekolah

16. Pendidikan jasmani tidak hanya menjadikan peserta didik sebagai anggota masyarakat sekedar tahu tentang kesehatan tetapi juga memiliki keterampilan dalam beraktivitas fisik sehingga mendapatkan manfaat tubuh yang sehat. Sejak kelas berapa peserta didik diajarkan mengenai materi menjaga kesehatan diri dan lingkungannya?

VI
 III
 II
 V
 IV

17. Penggunaan metode belajar yang sesuai dengan karakteristik perkembangan motorik peserta didik akan membantu guru mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Kombinasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif diajarkan pada peserta didik kelas....

II
 III
 IV
 V
 VI 

18. Peserta didik mengalami kelelahan setelah melakukan permainan gobak sodor dan menyebabkan rasa pegal pada otot-otot mereka. Kondisi yang demikian disebabkan karena….

pemanasan yang dilakukan kurang
keringat tidak keluar dengan sempurna
daya tahan tubuh tidak terlatih
otot tidak sering dilatih
penumpukan asam laktat di dalam otot

19. Belajar gerak khusus dipengaruhi oleh berbagai bentuk latihan, pengalaman atau situasi belajar pada gerak manusia. Berikut 3 tahapan belajar gerak (motor learning)…

verbal kognitif - gerak - otomatisasi
gerak - verbal kognitif - otomatisasi
gerak - otomatisasi - verbal kognitif
verbal kognitif - otomatisasi - gerak
otomatisasi - verbal kognitif – gerak

20. Dalam upaya memperbaiki gerakan, peserta didik melakukan proses pengulangan gerak untuk menghasilkan gerak yang efisien. Fase keterampilan gerak manakah yang dilakukan oleh peserta didik tersebut?

kognitif
afektif
asosiatif
dinamis
otomatis



Post a Comment for "TRY OUT PPPK PJOK 8"

Postingan Terbaru

info
>